-->

Kecanggihan Dalam 5 Fitur Sistem Operasi Android Oreo 2018

Kecanggihan Sistem Operasi Android Terbaru Oreo 2018

Sistem android ternyata mempengaruhi kualitas dan kinerja sebuah smartphone. Semakin baru sistem yang digunakan maka semakin bagus pula kinerja dan fungsi android dari ponsel pintar yang kita gunakan. Karena itu, saat ini banyak vendor yang sudah mencoba mengembangkan sistem terbarunya demi memuaskan para pengguna smartphone di seluruh dunia. Salah satunya yang dilakukan oleh Google belakang ini. Di tahun lalu, Google berupaya menyuguhkan fitur sistem operasi android terbaru versi android Nougat.

Kini kabar baik kembali datang untuk Anda pecinta smartphone dengan fitur sistem operasi android terbaru. Ya, Google dikabarkan mengembangkan OS baru yang disebut sebagai android O. Pihak Google sendiri ternyata yang sudah meresmikan sebutan untuk sistem androidnya tersebut. Tapi, menurut kabar yang beredar, O tersebut merupakan kepanjangan dari Oreo. Seperti apa fitur yang disematkan pada sistem tersebut?

sistem operasi android terbaru oreo

Kecanggihan Dalam 5 Fitur Sistem Operasi Android Terbaru Oreo 2018

Fitur Sistem Operasi Android Terbaru Di Tahun 2018

Pengembangan sistem operasi android terbaru sebenarnya semata-mata untuk meningkatkan kinerja dari sebuah smartphone. Pembaruan ini sangat berdampak bagi kualitas ponsel pintar itu sendiri mengingat saat ini banyak orang tertarik menggunakan ponsel berbasis android. Maka dari itu, dalam sistem pengoperasiannya, terdapat fitur-fitur yang disematkan. Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa kita rasakan saat menggunakan ponsel dengan sistem pengoperasian android terbaru yaitu android Oreo versi android tertinggi sekarang :

1. Pembatasan aktifitas di bagian backround

Saat melakukan pengembangan sistem operasi android terbaru, rupanya Google telah membuat beberapa batasan termasuk batasan aktifitas terhadap aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone. Konon, mereka melakukan hal tersebut agar para penggunanya bisa lebih berhemat daya baterai tanpa harus selalu memasang aplikasi dari pihak ketiga di dalam smartphone yang digunakan.

Tidak hanya itu, ternyata Google juga masih menambahkan pembatasan yang berkaitan dengan aktifitas lain terhadap beragam aplikasi. Misalnya saja pembatasan untuk pengiriman sinyal ke dalam aplikasi agar pengguna bisa melakukan aktifitas tertentu. OS juga bisa membatasi aktifitas aplikasi di bagian backround serta membatasi pendeteksi lokasi yang menggunakan GPS. Bisa dibilang sistem operasi android terbaru tersebut sedikit banyak menguntungkan pengguna smartphone terutama untuk lebih berhemat baterai.

2. Adanya fitur kategori notifikasi

Tak hanya fitur pembatasan aplikasi pada background, fitur lain yang bisa kita nikmati dengan menggunakan sistem operasi android terbaru terbaru ialah adanya fitur kategori notifikasi. Android O ternyata juga menghadirkan fitur lain yang masuk ke dalam sistem notifikasi. Fitur kategori notifikasi ini berperan untuk mengelompokkan notifikasi dari beragam aplikasi yang digunakan di smartphone.

Namun, untuk bisa mengaktifkan fitur ini, pengguna terlebih dahulu harus menyatukan beragam aplikasi ke dalam satu kategori. Apa keuntungan fitur ini untuk para penggunanya? Fitur ini sangat memudahkan para pengguna smartphone untuk memilih atau memblokir notifikasi dari beberapa aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan pada smartphone.

3. Fitur picture in picture

Sistem operasi android terbaru O, tidak hanya menghadirkan fitur-fitur di atas saja. Masih ada fitur lain yang disematkan guna menambah kualitas sebuah ponsel pintar. Fitur lain yang bisa Anda rasakan ialah fitur PIP atau picture in picture. Fitur ini memudahkan pengguna melakukan aktifitas multitasking.

Dengan kata lain, pengguna lebih mudah dan nyaman dalam mengerjakan aktifitas secara bersamaan. Misalnya saja pengguna smartphone lebih mudah streaming You Tube sambil melakukan aktifitas lain yaitu mengobrol dengan teman di aplikasi chatting. Menariknya, fitur ini sebelumnya pernah disematkan Google ke dalam android TV lho.

4. Penampilan ikon yang menarik

Selain fitur di atas, masih ada fitur yang membuat penampilan ikon terlihat lebih adatif. Fitur ini bisa kita rasakan setelah menggunakan ponsel berbasis sistem operasi android terbaru Oreo. Dengan fitur tersebut, bentuk ikon akan lebih menyesuaikan dengan perangkat yang sedang digunakan.

Tentunya hal ini lebih memudahkan para developer karena mereka hanya perlu membuat single ikon atau satu macam ikon saja. Ikon juga akan berubah menjadi prisma maupun lingkaran dengan sendirinya. Sehingga pengembang ponsel tidak perlu membuat bermacam-macam model ikon aplikasi.

5. Fitur dukungan koneksi yang beragam

Fitur sistem operasi android terbaru O juga ditambahkan dengan dukungan fitur konektivitas teknologi baru. Ya, konektivitas tersebut misalnya Bluetooth audio dengan kualitas tinggi atau LDAC, dan Wi-Fi Aware atau NAN.

Teknologi canggih terbaru tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengembang untuk tujuan pembuatan aplikasi yang diintegrasikan. Sehingga para pengguna smartphone nantinya bisa merasakan konektivitas yang cukup memadai dan nyaman digunakan untuk komunikasi.

Nah, itulah kelima fitur dalam sistem operasi android terbaru O besutan Google yang mana versi android terbaik saat ini. Dengan pengembangan yang bagus maka kelima fitur di atas sangat bermanfaat bagi pengembang serta bagi para pengguna smartphone yang menginginkan sistem operasi yang cepat dan mendukung segala kebutuhannya di dalam ponsel pintar android oreo adalah urutan os android paling bagus saat ini yang mana di atas versi android marshmallow dan android nougat.